Home » Visi, Misi & Tujuan

Visi, Misi & Tujuan

VISI

“ Terbentuknya insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berbudi Pekerti Luhur, Cerdas, Mandiri, Berbudaya Lingkungan dan Berprestasi Tinggi dalam Bidang Akademik dan Non Akademik ”

Terdapat 7 poin utama dalam visi SMAN 1 Sendawar, yaitu:

[table id=8 /]

MISI

Misi merupakan strategi yang dilaksanakan untuk mencapai visi.

Adapun Misi SMAN 1 Sendawar adalah sebagai berikut: :

[table id=9 /]

TUJUAN

Perencanaan Jangka Pendek ( 1 Tahun )

  1. Terselenggaranya kurikulum sekolah penggerak sebagai wujud Merdeka belajar.
  2. Membentuk insan yang bertakwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler
  3. Mengintegrasikan profil pelajar Pancasila ke dalam seluruh aktivitas sekolah baik intra, ko dan ektra kulikuler.
  4. Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan lingkungan serta berorientasi masa depan.
  5. Menghasilkan system asesmen yang otentik melalui system asesmen yang baik
  6. Mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang seni dan olahraga.
  7. Menjadikan asesmen sebagai alat untuk memfasilitasi kebutuhan karakteristik peserta didik untuk belajar serta menjadikan alat untuk selalu memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
  8. Menjadikan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan menjadikan peserta didik menjadi pusat pembelajaran.
  9. Menumbuhkembangkan rasa kebhinekaan global melalui penanaman pemahaman akan bahaya bullying, tindak kekerasan, rokok, dan narkoba
  10. Menghasilkan diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor Pembangunan serta sesuai dengan karakteristik SMAN 1 Sendawar
  11. Menghasilkan modul ajar yang menarik, mudah dipahami, berorientasi pada karakteristik peserta didik dan mengintegrasikan pembelajaran kecakapan abad 21, muatan lingkungan (adiwiyata), SDGs, antikorupsi dan berkebhinekaan.
  12. Menghasilkan modul ajar yang terintegrasi dengan tema yang beririsan lintas mata Pelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa Belajar Dari Rumah (BDR).
  13. Menghasilkan system pembelajaran yang terencana baik pada masa BDR, masa transisi maupun masa kebiasaan baru.
  14. Memenuhi tuntutan pengembangan sarana dan jaringan TIK untuk pembelajaran dan administrasi sekolah.

Perencanaan Jangka Menengah ( 4 Tahun )

  1. Terselenggarannya kurikulum sekolah penggerak sesuai dengan kaidah-kaidah yang diatur oleh kemendikbud ristek
  2. Seluruh peserta didik memahami dan menginternalisasikan profil pelajar Pancasila
  3. Membentuk insan yang bertaqwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, semua mengajar sesuai bidangnya dan pencapaian standar kompetensi lainnya
  5. Menghasilkan system pembekalan vokasional bagi peserta didik yang terencana terarah dan berkesinambungan
  6. Menghasilkan system pengelolaan lingkungan sekolah yang efektif dan efisien
  7. Memenuhi standar sarana prasarana guna mendukung pembelajaran yang mengutamakan keselamatan dan Kesehatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan Masyarakat sebagai prinsip utama kebijakan Pendidikan di masa pandemi
  8. Menghasilkan system kepramukaan yang dapat membangun karakter peserta didik

Perencanaan Jangka Panjang ( 8 Tahun )

  1. Terselenggarannya kurikulum sekolah penggerak yang dapat menjadikan lulusan memiliki ciri profil pelajar Pancasila
  2. Mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara maksimal sebagai bekal hidupnya baik yang melanjutkan ke Pendidikan atau perguruan tinggi (negeri maupun swasta) maupun yang langsung berkiprah dalam kehidupan Masyarakat
  3. Membentuk insan yang mandiri dengan memiliki kecakapan hidup (life skills) sehingga peserta didik dapat menyelesaikan masalah hidupnya dengan tidak ada ketergantungan pada orang lain
  4. Terbangunnya insan akademik yang kreatif, inovatif dan berjiwa wirausaha yang dapat memanfaatkan potensi lokal terutama pariwisata dan pertania agar dapat hidup mandiri dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan dunia global.
  5. Memenuhi tuntutan pengembangan perpustakaan sekolah yang representative menuju penggunaan perpustakaan digital (electronic library) untuk mewujudkan warga sekolah yang literat.
  6. Memenuhi standar sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata)
  7. Memenuhi standar protocol pencegahan covid-19
  8. Menciptakan sekolah ramah anak yang bersih, asri, sehat, aman, nyaman dan menyenangkan, bebas dari asap rokok, dan tindak kekerasan.
  9. Terwujudnya wirausahawan muda yang kreatif dan mandiri dalam menciptakan produk inovatif dengan memanfaatkan bahan dasar yang ada di lingkungan sekitar sekolah
  10. Melibatkan pembelajaran peserta didik untuk ikut memikirkan masa depannya dalam hal lingkungan, social, dan ekonomi sehingga 17 goals yang dicanangkan Unesco dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dapat terwujud.