VISI
“ Terbentuknya insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berbudi Pekerti Luhur, Cerdas, Mandiri, Berbudaya Lingkungan dan Berprestasi Tinggi dalam Bidang Akademik dan Non Akademik ”
Terdapat 7 poin utama dalam visi SMAN 1 Sendawar, yaitu:
[table id=8 /]MISI
Misi merupakan strategi yang dilaksanakan untuk mencapai visi.
Adapun Misi SMAN 1 Sendawar adalah sebagai berikut: :
[table id=9 /]TUJUAN
Perencanaan Jangka Pendek ( 1 Tahun )
- Terselenggaranya kurikulum sekolah penggerak sebagai wujud Merdeka belajar.
- Membentuk insan yang bertakwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler
- Mengintegrasikan profil pelajar Pancasila ke dalam seluruh aktivitas sekolah baik intra, ko dan ektra kulikuler.
- Menghasilkan perangkat kurikulum yang lengkap, mutakhir, dan berwawasan lingkungan serta berorientasi masa depan.
- Menghasilkan system asesmen yang otentik melalui system asesmen yang baik
- Mengembangkan potensi peserta didik dalam bidang seni dan olahraga.
- Menjadikan asesmen sebagai alat untuk memfasilitasi kebutuhan karakteristik peserta didik untuk belajar serta menjadikan alat untuk selalu memperbaiki proses pembelajaran yang dilakukan yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik.
- Menjadikan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik dan menjadikan peserta didik menjadi pusat pembelajaran.
- Menumbuhkembangkan rasa kebhinekaan global melalui penanaman pemahaman akan bahaya bullying, tindak kekerasan, rokok, dan narkoba
- Menghasilkan diversifikasi kurikulum agar relevan dengan kebutuhan, yaitu kebutuhan peserta didik, keluarga, dan berbagai sektor Pembangunan serta sesuai dengan karakteristik SMAN 1 Sendawar
- Menghasilkan modul ajar yang menarik, mudah dipahami, berorientasi pada karakteristik peserta didik dan mengintegrasikan pembelajaran kecakapan abad 21, muatan lingkungan (adiwiyata), SDGs, antikorupsi dan berkebhinekaan.
- Menghasilkan modul ajar yang terintegrasi dengan tema yang beririsan lintas mata Pelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran pada masa Belajar Dari Rumah (BDR).
- Menghasilkan system pembelajaran yang terencana baik pada masa BDR, masa transisi maupun masa kebiasaan baru.
- Memenuhi tuntutan pengembangan sarana dan jaringan TIK untuk pembelajaran dan administrasi sekolah.
Perencanaan Jangka Menengah ( 4 Tahun )
- Terselenggarannya kurikulum sekolah penggerak sesuai dengan kaidah-kaidah yang diatur oleh kemendikbud ristek
- Seluruh peserta didik memahami dan menginternalisasikan profil pelajar Pancasila
- Membentuk insan yang bertaqwa yang memegang teguh ajaran agama yang dianutnya yang direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.
- Pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan meliputi: semua guru berkualifikasi minimal S1, semua mengajar sesuai bidangnya dan pencapaian standar kompetensi lainnya
- Menghasilkan system pembekalan vokasional bagi peserta didik yang terencana terarah dan berkesinambungan
- Menghasilkan system pengelolaan lingkungan sekolah yang efektif dan efisien
- Memenuhi standar sarana prasarana guna mendukung pembelajaran yang mengutamakan keselamatan dan Kesehatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan Masyarakat sebagai prinsip utama kebijakan Pendidikan di masa pandemi
- Menghasilkan system kepramukaan yang dapat membangun karakter peserta didik
Perencanaan Jangka Panjang ( 8 Tahun )
- Terselenggarannya kurikulum sekolah penggerak yang dapat menjadikan lulusan memiliki ciri profil pelajar Pancasila
- Mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual secara maksimal sebagai bekal hidupnya baik yang melanjutkan ke Pendidikan atau perguruan tinggi (negeri maupun swasta) maupun yang langsung berkiprah dalam kehidupan Masyarakat
- Membentuk insan yang mandiri dengan memiliki kecakapan hidup (life skills) sehingga peserta didik dapat menyelesaikan masalah hidupnya dengan tidak ada ketergantungan pada orang lain
- Terbangunnya insan akademik yang kreatif, inovatif dan berjiwa wirausaha yang dapat memanfaatkan potensi lokal terutama pariwisata dan pertania agar dapat hidup mandiri dan dapat menyesuaikan diri terhadap perkembangan dunia global.
- Memenuhi tuntutan pengembangan perpustakaan sekolah yang representative menuju penggunaan perpustakaan digital (electronic library) untuk mewujudkan warga sekolah yang literat.
- Memenuhi standar sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata)
- Memenuhi standar protocol pencegahan covid-19
- Menciptakan sekolah ramah anak yang bersih, asri, sehat, aman, nyaman dan menyenangkan, bebas dari asap rokok, dan tindak kekerasan.
- Terwujudnya wirausahawan muda yang kreatif dan mandiri dalam menciptakan produk inovatif dengan memanfaatkan bahan dasar yang ada di lingkungan sekitar sekolah
- Melibatkan pembelajaran peserta didik untuk ikut memikirkan masa depannya dalam hal lingkungan, social, dan ekonomi sehingga 17 goals yang dicanangkan Unesco dalam Sustainable Development Goals (SDGs) dapat terwujud.